Jumat, 21 November 2008

..:.. DERAWAN, SANGALAKI DAN KAKABAN ..:..

Sekitar setahun yang lalu terakhir ke Derawan, Jum’at dan Sabtu (14-15 Nov’08) kemarin aku mendapat kesempatan lagi ke Derawan…. Tapi kali ini gak Ke Derawan saja, Sangalaki dan Kakaban pun terlewati. Ini berkat Rekan2 dari PLN Berau yaitu Pak Rio, Pak Bahrun dan Yogi serta teman2 di Berau Lainnya termasuk Puji, Hendro dan Pak Azra. Terima Kasih atas semuannya….
Yah, setelah menempuh jalan darat sekitar dua jam dari Berau/Tanjung Redeb sampailah ke Tanjung Batu (Dermaga menuju Derawan. Suatu perkembangan yang cukup bagus, yaitu jalan dari Tanjung Redeb ke Tanjung Batu mulus…….), mampir sebentar ke kantor PLN Tanjung Batu barulah menyeberang menuju Pulau Derawan sekitar setengah jam dengan Kapal Speed yang dikemudikan oleh Pak Sanusi yang juga merangkap sebagai Pemandu serta pemilik penginapa tempat kami menginap.
Langit di Perjalanan


Tuh Pulau Derawan

Salah satu Dermaga di Pulau Derawan

Tempat Menginap

Motonya dari dalam Penginapan lo...

Ini juga dari dalam kamar tempat aku menginap

Setiba di Pulau Derawan Kami Langsung Shalat Jum’at dilanjut makan siang dan langsung meluncur ke Pulau Kakaban. Kakaban adalah Pulau tak berpenghuni, selain itu di tengah Pulau tersebut terdapat Danau yang berair Payau (setengah asin setengah tawar), padahal air Danau tersebut berasal dari Air Laut. Selain itu Ubur2 di Danau ini tidak menimbulkan Rasa Gatal jika di pegang. Alam Bawah Laut di Kakaban juga sangat Indah……

Pintu Masuk ke Pulau Kakaban (sayang gak moto Danau di dalamnya...)

Dermaga Pulau Kakaban

Sisi lain Dermaga Pulau Kakaban

Meskipun kurang puas di Kakaban perjalanan berlanjut ke Sangalaki, sebenarnya di Sangalaki kami ingin melihat Manta Ray (sejenis ikan pari tapi tidak beracun, sampai2 Pak Sanusi bilang akan menaikinya supaya kita percaya kalau ikan pari tersebut tidak beracun), sayang setelah beberapa kali putaran speed kami, Manta Ray gak ada muncul. Kami langsung mampir ke Penginapan yang dihuni dua orang bule Setelah berbasa-basi sejenak kami menuju tempat penetasan penyu di sangalaki. Kebetulan petugas penjaga dari salah satu LSM sedang memeriksa telur2 penyu. Dan sebuah keberuntungan bagi kami, beberapa telur penyu sudah menetas menjadi Tukik (anak penyu)…..

Sangalaki

Sangalaki lagi...

Ini juga di Sangalaki, Bersih yah...

Ngecek apakah telur sudah menetas belum...
(di penampungan sementara ini, telur penyu ini rawan
di makan binatang seperti Biawak dan pencuri Telur)

eh ada tiga ekor Anak Penyu/Tukik yang gak bisa keluar setelah menetas

Ini Bayi Penyunya

Selangkah demi Selangkah

Jalan masih Panjang...
Kehidupan Anak Penyu terancam oleh Burung Elang dan Ikan Besar

Masih ingin bermain dengan Tukik

Setelah dari Sangalaki kami langsung menuju Derawan untuk Beristirahat, karena waktu sudah beranjak senja. Tapi sebelum naik ke Penginapan kami masih sempat Snorkling lagi dan sempat melihat kerang yang segede dua kali kepala manusia dewasa……
Paginya sebelum pulang kembali ke Berau dan terbang lagi ke Balikpapan, kami sempatkan renang di depan penginapan dan Pak Sanusi juga sempat mengejar penyu besar yang akan ditunjukkan kepada kami. Tapi sang penyu tampaknya tidak ingin di ganggu jadi dia kabur duluan……..

Sempet Loncat2 Sendiri sebelum Pulang

Muncul di depan Penginapan

Tibalah saatnya pulang, Belum puas sebenarnya. Pingin lebih lama tinggal di sana mungkin seminggu atau dua minggulah. Tapi tak ada Pesta yang tak usai….

Eh untuk teman2 yang mau ke Derawan atau sekitarnya bisa hubungi Pak Sanusi di 081346538448, selain beliau mempunyai tempat menginap yang murah dan bersih, pelayanannya jg sangat memuaskan lo…. (percaya deh ama saya….).

Sanusi Bermain dengan Penyu

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kangeeeeeeeeeennnnn !!!!!!!!!!!! hiks, pengen ke sana lagi..
terakhir ke sana be 2 ma aby, setaun yg lalu..
Tar bareng ma Dira ke sana, kalo Dira dah gede..
Ayo mas liburan ke situ ma Cakra ma mb Santi....

=poet=

adho mengatakan...

aku memang ngangenin kok bu ;))